10 Nama-nama Malaikat yang Wajib Diketahui

Sep 11, 2019
Kuliner

Dalam kepercayaan agama di Indonesia, malaikat merupakan makhluk gaib yang memiliki tugas penting dalam mengatur kehidupan manusia. Terdapat 10 nama-nama malaikat yang wajib diketahui untuk memahami lebih dalam mengenai peran mereka dalam kehidupan manusia.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril merupakan malaikat yang bertugas memberikan wahyu kepada para rasul. Namanya sering disebut dalam berbagai kitab suci sebagai utusan Allah SWT.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah malaikat yang bertanggung jawab atas rezeki, baik itu rezeki materi maupun spiritual. Dia juga dikenal sebagai malaikat pengatur cuaca.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil memiliki tugas yang sangat penting, yaitu meniup sangkakala untuk membangkitkan manusia pada hari kiamat. Namanya sering dihubungkan dengan asal usul musik.

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail merupakan malaikat kematian yang bertugas untuk mencabut nyawa manusia saat waktunya tiba. Dia dianggap sebagai malaikat yang paling ditakuti oleh manusia.

5. Malaikat Raqib

Malaikat Raqib adalah pasangan malaikat yang selalu mencatat setiap amal perbuatan manusia. Tugasnya adalah merekam segala aktivitas manusia sehingga dapat digunakan sebagai bukti di hari pengadilan.

6. Malaikat Atid

Malaikat Atid merupakan pasangan malaikat Raqib yang bertugas untuk menghitung segala amal baik dan buruk manusia. Mereka bekerja sama untuk memastikan keadilan terwujud di hari pengadilan.

7. Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir adalah dua malaikat yang bertugas untuk menguji manusia di dalam kubur terkait keyakinan dan amal perbuatan selama di dunia.

8. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan adalah malaikat penjaga pintu surga yang bertugas untuk menyambut para penghuni surga dengan keramahan dan kehangatan.

9. Malaikat Malik

Malaikat Malik adalah malaikat penjaga neraka yang bertugas untuk memberikan siksaan kepada penghuni neraka sesuai dengan perbuatan buruk yang dilakukan di dunia.

10. Malaikat Harut dan Marut

Malaikat Harut dan Marut adalah dua malaikat yang diutus untuk mengajarkan ilmu sihir kepada manusia sebagai ujian. Mereka kemudian dijatuhkan hukuman oleh Allah SWT karena melanggar perintah-Nya.

Demikianlah 10 nama-nama malaikat yang wajib diketahui dalam kepercayaan agama di Indonesia. Mengetahui peran masing-masing malaikat dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai kehidupan spiritual manusia.